Selasa, 27 Desember 2011

Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia. Negara dengan ibukota Helsinki (tempat ditandatanganinya perjanjian damai antara RI dengan GAM) ini memang begitu luar biasa. Peringkat 1 dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA (Programme for International Student Assesment) mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika.
Finlandia
Finlandia
Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental.
Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas. Lantas apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia?
Dalam masalah anggaran pendidikan Finlandia memang sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan beberapa negara lainnya. Finlandia tidaklah menggenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya, siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengan negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu. Bandingkan dengan Korea, ranking kedua setelah Finlandia, yang siswanya menghabiskan 50 jam perminggu.
Apa gerangan kuncinya?
Ternyata kuncinya terletak pada kualitas guru. Di Finlandia hanya ada guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan, dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima. Persaingannya lebih ketat daripada masuk ke fakultas hukum atau kedokteran!
Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan, Finlandia justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang menghancurkan tujuan belajar siswa. Terlalu banyak testing membuat kita cenderung mengajarkan kepada siswa untuk semata lolos dari ujian, ungkap seorang guru di Finlandia.
Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.
Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK!
Ini membantu siswa belajar bertanggungjawab atas pekerjaan mereka sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia.
42-22243084
Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Suasana sekolah sangat santai dan fleksibel. Adanya terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan, dan mengakibatkan suasana belajar menjadi tidak menyenangkan.
Kelompok siswa yang lambat mendapat dukungan intensif. Hal ini juga yang membuat Finlandia sukses.
Berdasarkan penemuan PISA, sekolah-sekolah di Finlandia sangat kecil perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan yang buruk dan merupakan yang terbaik menurut OECD. Remedial tidaklah dianggap sebagai tanda kegagalan tapi sebagai kesempatan untuk memperbaiki. Seorang guru yang bertugas menangani masalah belajar dan prilaku siswa membuat program individual bagi setiap siswa dengan penekanan tujuan-tujuan yang harus dicapai, umpamanya: Pertama, masuk kelas; kemudian datang tepat waktu; berikutnya, bawa buku, dlsb. Kalau mendapat PR siswa bahkan tidak perlu untuk menjawab dengan benar, yang penting mereka berusaha.
Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka. Menurut mereka, jika kita mengatakan “Kamu salah” pada siswa, maka hal tersebut akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya.
Setiap siswa diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing. Ranking hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya.

Jumat, 23 Desember 2011


CARA BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF
1.       Arti belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan pengertian ini merupakan penentuan pada interaksi antar individu dengan lingkungan. Di dalalm interaksi inilah terjadi serangkaian pengalaman belajar.”[1]

Adapun cara belajar mengajar  yang efektif, yaitu agar siswa dapat ikut berintereaksi dalam proses belajar mengajar adalah dengan cara belajar siswa aktif yaitu merupakan pendekatan belajar mengajar yang dipergunakan oleh guru dengan melibatkan secara aktif baik intelektual-mental serta fisik siswa dalam kegiatan belajar mengajar.(darwyan, supardi, Eneng M, 2009: 111)



Dewasa ini mayoritas para pelajar sering mengulang  kembali pelajaran hanya pada saat menjelang ujian sekolah atau ulangan semester. Kondisi seperti itu disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, rasa malas dalam belajar. Kedua, merasa sudah bisa terhadap pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh guru.
Ketiga, kurangnya motivasi belajar dari orang tua dan lingkungan sekitar. Keempat, bagi pelajar yang aktif dalam organisasi kurang membagi waktu antara organisasi dan belajar. Kelima, waktu-waktu belajar digunakan lebih banyak untuk bermain. Akibat dari beberapa faktor yang saya kemukakan diatas para pelajar mengulang kembali pelajaran-pelajarannya hanya pada saat menjelang ujian sekolah atau ulangan semester saja. Sehingga peserta didik merasa gelisah karena sulit untuk memahami kembali pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh para guru-gurunya. Dan akan berakibat fatal pada nilai-nilainya. Seandainya faktor-faktor diatas dapat diatasi oleh para pelajar di negara indonesia ini mungkin indonesia tidak akan menjadi negara yang selalu terbelakang dalam hal pendidikan.
                Dengan demikian apabila peserta didik menyadari akan pentingnya belajar maka perubahan sikap yang ditimbulkan akan bernilai positif dilihat dari berbagai aspeknya. Faktor-faktor yang telah  diuraikan diatas meruapakan sikap peserta didik yang kurang memprioritaskan arti belajar. Padahal menuntut ilmu diwajibkan sejak kecil hingga usia tua. Adapun cara bbelajar yang efektif menurut saya adalah  membentuk kelompok belajar dan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran. Dan, adapun cara mengajar yang efektif menurut saya adalah seorang pendidik harus menguasai kelas dan guru harus memiliki variasi mengajar agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran. Seorang pendidik memberikan stimulus kepada peserta  didik sebelum memulai pelajaran agar terjadinya proses belajar yang efektif.



[1]  Tabrani Rusyan, Proses Belajar Mengajar Yang Efektif, cet-1 (Bandung: Eresco Offset, 1993), hal. 7

Kamis, 15 Desember 2011

Rekonstruksi Pemuda Indonesia sebagai Pilar Kebangkitan Peradaban

Pada masa sekarang ini, banyak pemuda yang tidak begitu memikirkan tentang bagaimana peran sebenarnya menjadi seorang pemuda. Pemuda sekarang telah banyak teracuni oleh dampak-dampak dari sebuah modernisasi. Pemuda tidak lagi mau tahu tentang keadaan bangsa dan negaranya. Pemuda banyak yang tidak peduli tentang bagaimana keadaan Indonesia sekarang, hanya kesenangan dan hura-hura yang menjadi kegiatan di kehidupan sehari-harinya. Banyak diantara mereka yang berpikir untuk menghabiskan masa mudanya dengan kesenangan-kesenangan yang ujungnya berdampak negatif untuk mereka pribadi.
Untuk merubah pola pikir seorang pemuda agar dapat mengerti tentang arti sesungguhnya seorang pemuda diperlukan suatu sentuhan khusus yang dapat merubah pola pikirnya dan diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat.  Pemuda harus dapat merealisasikan peranannya dalam kehidupan dimana ia berada. Peranan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dari masyarakat tingkat desa sampai yang mencakup masyarakat ditingkat nasional.
Sebagai pemuda Indonesia, sudah selayaknya kita peduli terhadap keadaan bangsa dan negara ini. Pemuda harus ikut andil dalam perubahan disetiap sisi sistem pemerintahan negara ini yang artinya dapat mengaspirasikan suara rakyat kebanyakan yang diharapakan dapat mewujudkan tatanan masyarakat yang rapih dan terciptanya masyarakat yang sejahtera. Pemuda adalah rakyat, dan rakyat merupakan tonggak tertinggi dalam kepemerintahan demokrasi di Indonesia. Dari sistem tersebut sudah sepatutnya pemuda sebagai rakyat ikut andil dalam setiap perubahan yang terjadi dan tidak lagi hanya mengandalkan kemampuan segelintir orang yang hanya duduk manis di kursi yang empuk dengan ruangan yang sejuk tanpa kita tahu apa tujuan utama mereka, apakah memang untuk kepentingan rakyat atau hanya untuk kepentingan pribadi saja?
Tema “Rekonstruksi Pemuda Indonesia sebagai Pilar Kebangkitan Peradaban” merupakan tema yang sangat pas untuk diusung dalam kegiatan semacam ini. Dengan harapan tema tersebut tidak hanya menjadi kata-kata belaka tetapi dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata. Membangun kembali pemuda Indonesia dengan harapan yang besar, harapan yang akan dapat merubah peradaban ke arah yang lebih baik dan berujung pada terwujudnya cita-cita bangsa.
Hidup Mahasiswa ! Hidup Pemuda Indonesia !

Selasa, 13 Desember 2011

dengan diam

ketika mata menyapa..
mengalirkan rasa dalam jiwa..
merebahkan malu tak kuasa
menggugah hati tuk masuk kedalamnya..
bertatap muka ku membisu gelisah..
tak bertemu hati gundah..
amat kaku ku gerakan lidah..
bergelut rasa dengannya buatku  kalah ..
DIAM? YAH.!..
hanya dengan diam kumencintainya.. ..
dengan diam kumencintaimu, agar terjaga kesucianku..
tak ingin kubuat-Nya cemburu padaku..
ketika mata menyapa..
mengalirkan rasa dalam jiwa..
merebahkan malu tak kuasa
menggugah hati tuk masuk kedalamnya..
bertatap muka ku membisu gelisah..
tak bertemu hati gundah..
amat kaku ku gerakan lidah..
bergelut rasa dengannya buatky kalah ..
DIAM? YAH.!..
hanya dengan diam kumencintainya.. ..
dengan diam kumencintaimu, agar terjaga kesucianku..
tak ingin kubuat-Nya cemburu padaku..

7 kunci kebahagiaan dunia dan akhirat

1. Shalat tahajjud
2. Shalat Dhuha
3. Shalat fajar
4. Shodaqoh
5. Rajin ke Masjid ( shalat berjamaah)
6. Dzikir
7. Qiro'atul Qur'an
Ternyata tanpa di sadari Film spongebob banyak kata2 mutiaranya. tapi sayang mungkin banyak anak yang belum mengerti bahwa ada sesuatu makna dibalik film spongebob apalagi dari kata2nya si Patrick. saya ajah baru
tahu nih hehehe . . .

1.Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku (Patrick) lebih suka jadi idiot dari pada kehilanganmu (Spongebob)'

2. Spongebob: Apa yg biasanya kau lakukan... saat aku pergi?
patrick : menunggumu kembali.
3. Saat sponge bob menjadi kaya dan melupakan patrick juga tmn2, spongebob memohon kepada patrick, dan patrick berkata: 'kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama
sekali'
4. Saat patrick di fitnah mencuri jaring ubur2 nya spongebob,patrick berkata: ' Tak apa kawan.. aku mungkin hanya bintang laut yang jelek.. lebih baik aku pergi dari bikini bottom.. ini, ambil saja barang2ku.. tapi aku tak pernah mengambil jaring mu kawan..'
(Patrick dituduh nyolong jaring dan dia sabar aja)
5. Patrick berteriak : 'AKU JELEK DAN AKU BANGGA!!! (ngaahah)
6. Kalau kamu memberitahukan rahasia kepada seseorang, maka itu namanya bkn rahasia lagi.
7. Pas spongebob mau masuk anggota jelly spotter.. terakhirnya patrick bilang: 'pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat..'
8. Waktu itu ortu Patrick mau datang jenguk anaknya. Tapi Patrick takut dikatain bodoh sama ortunya. Demi Patrick, SpongeBob bela2in akting jadi orang bego biar ortu Patrick ga ngatain anaknya bego. Trus Patrick bilang ke SpongeBob: 'TEMAN ADALAH
KEKUATAN'
9. Waktu patrick dianggap ada keturunan raja terus mulai ngambil barang2 milik orang lain, terus dia berkata: 'hidup itu memang tidak adil, jadi biasakanlah dirimu'..
10. Waktu spongebob mau les nyetir buat dapetin sim..'seharusnya kau belajar berjalan dulu nak, baru lah kau bisa berlari..'
11. Waktu episode yg si spongebob nyari spatula baru, terus dia dapet spatula yg emas (klo ga salah), tapi si spatula emasnya ga nurut sama si spongebob akhirnya dia balik pk spatula nya yg lama. trus si spongebob ngomong: 'Ternyata
semua yg berkilau itu belum tentu emas'

Rabu, 07 Desember 2011

maaf, tak ada lagi cinta..

Maaf, tak ada lagi sedikitpun ku sisakan cintaku untuk kalian kaum Adam para penggemar cinta..

Aku tak mau lagi bermain dengan api asmara..

Karena aku masih ingin bercandu kasih dengan cinta hakiki ku.. Yaitu sang penciptaku..

Cinta-Nya melebihi apapun, bahkan tak ada artinya jika dibandingkan dengan cinta yang kalian miliki untukku..

Biarlah aku kalian anggap apa.. Karena aku benar-benar tak ingin lagi mengulang kesalahan terbodoh yang pernah aku buat..

Ya Rabb, aku tak kan buat Engkau cemburu lagi.. Izinkan Aku.. Memberikan seluruh rasa cintaku pada-Mu..

Hingga saatnya tiba Engkau pertemukan aku dengan seseorang pilihan-Mu..

Ya Rabb, ku tutup hatiku, ku kunci ia dan kuserahkan kunci itu pada-Mu..
Dan jika memang ada yang ingin membukanya, ia akan mengambilnya pada-Mu..
Maka cintanya padaku karena-Mu..

Ridhai niatku Ya Rabb.. Tegur aku jika aku khilaf, tegur aku jika aku lengah..


Sesungguhnya tak ada cinta yang hakiki melainkan cinta-Mu pada umat-Mu..