Jumat, 23 Desember 2011


CARA BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF
1.       Arti belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan pengertian ini merupakan penentuan pada interaksi antar individu dengan lingkungan. Di dalalm interaksi inilah terjadi serangkaian pengalaman belajar.”[1]

Adapun cara belajar mengajar  yang efektif, yaitu agar siswa dapat ikut berintereaksi dalam proses belajar mengajar adalah dengan cara belajar siswa aktif yaitu merupakan pendekatan belajar mengajar yang dipergunakan oleh guru dengan melibatkan secara aktif baik intelektual-mental serta fisik siswa dalam kegiatan belajar mengajar.(darwyan, supardi, Eneng M, 2009: 111)



Dewasa ini mayoritas para pelajar sering mengulang  kembali pelajaran hanya pada saat menjelang ujian sekolah atau ulangan semester. Kondisi seperti itu disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, rasa malas dalam belajar. Kedua, merasa sudah bisa terhadap pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh guru.
Ketiga, kurangnya motivasi belajar dari orang tua dan lingkungan sekitar. Keempat, bagi pelajar yang aktif dalam organisasi kurang membagi waktu antara organisasi dan belajar. Kelima, waktu-waktu belajar digunakan lebih banyak untuk bermain. Akibat dari beberapa faktor yang saya kemukakan diatas para pelajar mengulang kembali pelajaran-pelajarannya hanya pada saat menjelang ujian sekolah atau ulangan semester saja. Sehingga peserta didik merasa gelisah karena sulit untuk memahami kembali pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh para guru-gurunya. Dan akan berakibat fatal pada nilai-nilainya. Seandainya faktor-faktor diatas dapat diatasi oleh para pelajar di negara indonesia ini mungkin indonesia tidak akan menjadi negara yang selalu terbelakang dalam hal pendidikan.
                Dengan demikian apabila peserta didik menyadari akan pentingnya belajar maka perubahan sikap yang ditimbulkan akan bernilai positif dilihat dari berbagai aspeknya. Faktor-faktor yang telah  diuraikan diatas meruapakan sikap peserta didik yang kurang memprioritaskan arti belajar. Padahal menuntut ilmu diwajibkan sejak kecil hingga usia tua. Adapun cara bbelajar yang efektif menurut saya adalah  membentuk kelompok belajar dan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran. Dan, adapun cara mengajar yang efektif menurut saya adalah seorang pendidik harus menguasai kelas dan guru harus memiliki variasi mengajar agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran. Seorang pendidik memberikan stimulus kepada peserta  didik sebelum memulai pelajaran agar terjadinya proses belajar yang efektif.



[1]  Tabrani Rusyan, Proses Belajar Mengajar Yang Efektif, cet-1 (Bandung: Eresco Offset, 1993), hal. 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar