Kamis, 15 Desember 2011

Rekonstruksi Pemuda Indonesia sebagai Pilar Kebangkitan Peradaban

Pada masa sekarang ini, banyak pemuda yang tidak begitu memikirkan tentang bagaimana peran sebenarnya menjadi seorang pemuda. Pemuda sekarang telah banyak teracuni oleh dampak-dampak dari sebuah modernisasi. Pemuda tidak lagi mau tahu tentang keadaan bangsa dan negaranya. Pemuda banyak yang tidak peduli tentang bagaimana keadaan Indonesia sekarang, hanya kesenangan dan hura-hura yang menjadi kegiatan di kehidupan sehari-harinya. Banyak diantara mereka yang berpikir untuk menghabiskan masa mudanya dengan kesenangan-kesenangan yang ujungnya berdampak negatif untuk mereka pribadi.
Untuk merubah pola pikir seorang pemuda agar dapat mengerti tentang arti sesungguhnya seorang pemuda diperlukan suatu sentuhan khusus yang dapat merubah pola pikirnya dan diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat.  Pemuda harus dapat merealisasikan peranannya dalam kehidupan dimana ia berada. Peranan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dari masyarakat tingkat desa sampai yang mencakup masyarakat ditingkat nasional.
Sebagai pemuda Indonesia, sudah selayaknya kita peduli terhadap keadaan bangsa dan negara ini. Pemuda harus ikut andil dalam perubahan disetiap sisi sistem pemerintahan negara ini yang artinya dapat mengaspirasikan suara rakyat kebanyakan yang diharapakan dapat mewujudkan tatanan masyarakat yang rapih dan terciptanya masyarakat yang sejahtera. Pemuda adalah rakyat, dan rakyat merupakan tonggak tertinggi dalam kepemerintahan demokrasi di Indonesia. Dari sistem tersebut sudah sepatutnya pemuda sebagai rakyat ikut andil dalam setiap perubahan yang terjadi dan tidak lagi hanya mengandalkan kemampuan segelintir orang yang hanya duduk manis di kursi yang empuk dengan ruangan yang sejuk tanpa kita tahu apa tujuan utama mereka, apakah memang untuk kepentingan rakyat atau hanya untuk kepentingan pribadi saja?
Tema “Rekonstruksi Pemuda Indonesia sebagai Pilar Kebangkitan Peradaban” merupakan tema yang sangat pas untuk diusung dalam kegiatan semacam ini. Dengan harapan tema tersebut tidak hanya menjadi kata-kata belaka tetapi dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata. Membangun kembali pemuda Indonesia dengan harapan yang besar, harapan yang akan dapat merubah peradaban ke arah yang lebih baik dan berujung pada terwujudnya cita-cita bangsa.
Hidup Mahasiswa ! Hidup Pemuda Indonesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar